18.29

LUKISAN WANITA (Mau Pilih Yang Mana, Saudariku?

By: Inung Pratiwi

Siang hari di sebuah kedai makan sederhana. Ada sepasang suami istri yang sedang ngobrol di salah satu meja sambil menunggu makanan yang mereka pesan. saat itu juga, datang serombongan mahasiswi dengan gaya khas mereka. modis, cantik, seksi.
“Mereka cantik-cantik ya?” sang istri tiba-tiba mengalihkan topik pembicaraan setelah melihat rombongan itu.
“Kamu memiliki kecantikan tiga dimensi yang belum tentu mereka miliki.” Suami cukup mengerti arah pembicaraan istrinya hanya dengan mendengar keributan rombongan itu yang berbicara saling sahut-menyahut ricuh.
“Hemm” bengong.
“cantik hati, cantik akhlak, cantik otak.” Si istri tersenyum.
“Kulit mereka halus. Putih.” Sang istri masih memperhatikan rombongan itu.
“Hatimu lebih halus dan putih, insyaAllah.”
“Perhiasan mereka juga bagus-bagus.”
“Perhiasan yang menutup auratmu lebih elegan.”
Sang manyun mendengar komentar suaminya. Bagaimana mungkin dia menjawab seperti itu.
“Kok malah manyun gitu? Bukankah seharusnya kamu senang?”
“Jawabannya tidak sesuai konteks.”
“Kamu ini bagaimana? Seperti orang yang tidak mengenal dirinya sendiri saja.”
“Hmmm..” Lagi-lagi sang istri dibuat bingung oleh suaminya.
“Kalau aku bilang wajahmu cantik, apa kamu akan senang? Padahal bisa saja aku mengatakan bahwa kucing itu cantik, kupu-kupu juga cantik. Kalau akau mengatakan, ‘aku menyukai kulitmu yang putih’, bisa saja suatu saat aku lebih menyukai sapi karena kulitnya lebih putih daripada kulitmu. Bahkan ketika aku membelikanmu perhiasan indah dan mewah, kamu tetap akan kalah dengan seekor burung merak dengan keindahan alami yang tidak pernah membosankan. Aku mengatakannya karena aku tidak ingin memandangmu hanya sebatas itu. Terlalu dangkal untuk menilai kaummu yang Allah ciptakan begitu mulia.
sang istri pun kembali tersenyum penuh syukur.
"Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?"

0 komentar: